Agen Bola

Cara Membuat Kerupuk Ikan Gurih dan Enak

Cara Membuat Kerupuk Ikan Gurih dan Enak

Ikan merupakan salah satu bahan dasar yang dapat dijadikan berbagai macam aneka resep makanan. Ikan dapat diolah menjadi berbagai resep makanan yang lezat dan gurih diantaranya seperti membuat bakso, tekwan, kerupuk, dan lain sebagainya. Salah satu ikan yang biasanya sering digunakan untuk mengolah makanan adalah ikan tenggiri. Jenis ikan tenggiri memang sering digunakan sebagai bahan dasar membuat aneka ragam panganan, karena ikan tersebut memiliki kandungan protein, lemak, dan omega 3 yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan salmon, sehingga sangat baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan anak-anak. Selain itu harga ikan tenggiri cukup ekonomis, maka tak heran jika masyarakat banyak mengkonsumsi ikan tersebut. Pada kali ini ikan tenggiri akan kita olah menjadi makanan yang gurih dan renyah, yaitu kerupuk. Dan dibawah ini adalah resep membuat kerupuk ikan.

kerupuk-udang

Cara Membuat Kerupuk Ikan

Bahan-bahan membuat Kerupuk ikan :
Advertisement

    Ikan tenggiri 350 gram, ambil dagingnya dan haluskan
    Telur sebanyak 5 butir
    Soda kue 1/2 sendok teh
    Ketumbar halus 1/2 sendok teh
    Gula pasir 300 gram
    Tepung tapioka 800 gram
    Bawang putih 5 siung, cincang sampai halus
    Secukupnya air
    Minyak secukupnya untuk menggoreng
    Garam 1 sendok makan

Cara membuat Kerupuk ikan :

    Siapkan wadah kemudian kita campurkan daging tenggiri yang sudah dihaluskan bersama tepung tapioka, garam, ketumbar, bawag putih halus, soda kue dan telur lalu kita aduk-aduk rata.
    Berikutnya tambahkan air secara perlahan-lahan sambil kita aduk-aduk dan uleni hingga semua bahan menyatu rata sampai menjadi adonan lembut dan kalis.
    Selanjutnya kita bungkus adonan dengan menggunakan daun pisang seperti bentuk lontong, lalu kita kukus 2 – 3 jam lamanya hingga matang.
    Setelah matang kita angkat adonan dan biarkan menjadi dingin, kemudian adonan kita iris tipis-tipis lalu jemur selama 2-3 hari hingga benar-benar menjadi kering.
    Jika sudah benar-benar kering kemudian kita goreng adonan kerupuk dalam minyak yang banyak dan sudah dipanaskan, goreng hingga mengembang dan merekah, kemudian kita angkat dan tiriskan agar minyak yang terdapat pada kerupuk berkurang.

    Kerupuk ikan sudah dapat kita nikmati dan simpan dalam wadah toples agar tidak terlalu cepat lembek atau kapes.

Kerupuk ikan yang sudah matang, kita simpan dalam plastik atau toples agar tidak terlalu cepat lunak atau kapes. Kerupuk ikan dapat disajikan bersama santapan bubur atau nasi goreng, untuk dijadikn makanan sehari-hari juga tidak masalah. Selamat mencobanya.
Agen Bola