Agen Bola

Cara Mengatasi Murai Batu Macet Bunyi

Cara Mengatasi Murai Batu Macet Bunyi

Merawat burung murai batu yang tiba-tiba macet bunyi bisa terjadi dikalangan kicaumania.Namun masih banyak dikalangan kicaumania yang cenderung membiarkan kondisi macet bunyi ini, dan beranggapan suatu hari nanti burungnya akan pulih seperti semula. Padahal, kalau kita membiarkannya, burung akan mengalami macet bunyi cukup lama. Kalau sudah begitu perlukan penanganan khusus untuk mengatasi burung murai batu yang macet bunyi.


Pahamilah penyebab burung murai batu yang semula gacor, mendadak menjadi macet bunyi, antara lain :

    Burung akan memasuki masa mabung.
    Burung terinfeksi kutu atau tungau
    Burung dalam kondisi kurang sehat atau terkena infeksi pada tenggorokannya, baik karena penyakit atau memakan serangga. .
    Burung mengalami stres karena beberapa faktor, seperti kalah mental, sangkar terjatuh, pernah lepas, dan lain-lain.

Murai Batu

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita perlu mengetahui apa penyebabnya. Karena hanya dengan mengenali penyebab itulah, kita bisa memberikan perawatan yang tepat. Jika kita mengetahui masalah yang menyebabkan burung menjadi macet bunyi, kita bisa melakukan perawatan yang tepat.


Burung murai menjelang masa mabung

Jika macet bunyi terjadi karena burung memang akan mabung, yang ditandai dengan rontok atau berjatuhannya beberapa buluhalus dan bulu ekornya, maka yang harus kita lakukan adalah memberikan perawatan mabung pada burung murai batu.


Akibat infeksi kutu / tungau


Jika macet bunyi terjadi akibat infeksi atau serangan kutu dan tungau, murai batu biasanya akan lebih banyak diam, serta lebih asyik mematuki atau bahkan mencabuti bulu-bulunya sendiri. Murai batu yang terserang kutu / tungau bisa terlihat dari adanya bulu-bulu sayap yang nyerit atau rusak. Pengobatan yang tepat harus diberikan, misalnya dengan menyemprot atau memandikan burung dengan obat khusus seperti FreshAvessecara bertahap.


Disebabkan gangguan pernafasan

Jika macet bunyi terjadi akibat gangguan pernafasan, termasukinfeksi tungau pada kantung udara (air sac mites), maka yang harus dilakukan mau tidak mau mengobatinya. Panduan mengenai deteksi gangguan pernafasan pada burung, dan bagaimana mengobatinya.


 Macet bunyi akibat stres Stres

pada burung bisa disebabkan oleh poin 1-3 di atas. Namun yang paling sering dijumpai adalah murai batu mengalami stres akibat kalah mental, baik ketika ditrek, dilombakan, atau mendengar suara burung sejenis di rumah dalam waktu lama. Selain itu, sangkar yang terjatuh juga bisa membuat murai batu kaget dan drop mental. Demikian pula burung yang pernah terlepas dari sangkarnya, kemudian tertangkap kembali, seringkali tidak bisa kembali ke performa terbaiknya.


Dengan begitu kita dapat melakukan perawatan yang tepat kepada burung yang macet bunyi. Semoga bermanfaat !!!
Agen Bola