Agen Bola

Resep Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana

Resep Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana



Resep nasi uduk enak dan gurih serta pas buat sarapan pagi. Resep masakan tradisional ini sudah cukup terkenal. Nasi uduk betawi banyak di temukan terutama di daerah kampung betawi yang biasanya ada di daerah pinggiran. Nasi untuk sarapan ini lebih banyak di jual pada saat pagi hari, namun terkadang juga dapat ditemukan di sore hari, biasanya di pedagang pinggir jalan.

Berikut cara mudah membuat nasi uduk yang sederhana dan praktis. bagi yang belum paham tentang cara memasak nasi uduk betawi ini bisa belajar membuatnya di sini, silahkan mengikuti resep sederhana cara memasak dan buat nasi uduk komplit berikut. Nasi uduk sebenarnya merupakan resep masakan tradisional yang dimiliki oleh beberapa daerah di indonesia terutama masyarakat jawa dan sunda, namun hanya namamya yang sedikit berbeda. Beberapa resep nasi uduk ini, seperti : nasi uduk betawi, nasi kuning bandung, sego uduk ( jawa ), sego punar ( jawa ), dan nama nama lainnya.

Kalau anda perhatikan semua resep resep tradisional tersebut menerapkan bahan dan cara memasak yang sama. Namun yang namanya nasi uduk hanya daerah betawi pemiliknya. Tapi kalau masyarakat lamongan jawa timur sudah terbiasa sarapan dengan nasi soto lamongan lengkap dengan poya. Bagi masyarakat kita sudah terbiasa dengan makan nasi sarapan dengan porsi setengah. Oleh sebab itu menu yang disajkan biasanya juga sangat sederhana karena hanya untuk ganjalan perut saja, he he he.

Bagi masyarakat jawa timur khususnya kota madiun terbiasa dengan sarapan nasi pecel, sedangkan orang bandung dengan nasi kuning, nah untuk daerah jakarta khususnya msyarakat betawi sangat akrab dengan nasi uduk. Namun demikian nasi uduk ini ternyata dapat diterima oleh berbagai suku di indonesia. Seperti kita tahu bahwa daerah jakarta dan sekitarnya penduduknya berasal dari berbagai kota di indonesia dan anehnya mereka juga ramai ramai sarapan dengan nasi uduk.

Kota jakarta yang sering disebut sebagai kota betawi ini juga terkenal dengan nasi kebuli daging kambing yang biasanya di jual oleh para pedagang keturunan arab, memang sih nasi kebuli aslinya berasal dari timur tengah. Itulah sebabnya kenapa nasi uduk betawi ini sangat terkenal. Dengan demikian kita sebagai bagian dari masyarakat indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba resep nasi uduk betawi ini.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan resep masakan praktis serta petunjuk cara membuat nasi uduk yang enak dan komplit. Nasi uduk rasanya gurih dan dilengkapi dengan sambal sederhana. Beberapa bahan tambahan nasi uduk biasanya kering tempe, tahu bacem, kerupuk, telur iris, mentimun, ikan teri, ayam goreng dan lainnya. Sebelum pergi ke dapur, yuk belanja kepasar untuk membeli bahan bahan yang diperlukan terutama bahan bahan pelengkap nasi uduk. Soal olahan tempe bunda bisa lho buat sendiri, ini lho cara pembuatan tempe

Bahan yang digunakan

    Sediakan beras sekitar 500 gram. Saya sarankan pilih beras yang sedkit perak dan jangan terlalu perak, malah kurang enak nanti rasanya.
    Sediakan juga paling tidak 3 gelas atau kira kira 600 ml santan kental, buat santan kental dari 1 butir kelapa tua.
    Baik juga menggunakan daun salam sekitar 4 atau 5 lembar.
    Pilih juga 2 batang serai ukuran besar atau 4 batang serai ukuran sedang, jangan lupa potong bagian ujungnya dan geprek.
    Jangan lupa beli juga ketumbar, biar enak gunakan ketunbar bubuk sekitar ± ¾ sendok teh saja.
    Nah biar aroma nasi uduk bunda wangi ada baiknya menggunakan 2 atau 3 lembar daun pandan.
    Jangan lupa garam ± 1 sendok makan, atau sesuai selera.

Cara membuat nasi uduk sederhana

    Yang pertama tentunya membersihkan beras dari batu dan gabah, kemudian cuci hingga bersih dan tiriskan.
    Kemudian kukus beras di langseng paling tidak 25 menit, lalu angkat.
    Ambil panci ukuran secukupnya dan rebus santan, daun salam, sarai, daun pandan, dan jangan lupa ketumbar bubuk serta garam secukupnya. Aduk pelan pelan dan jaga jangan sampai santan pecah.
    Setelah mendidih masukkan beras yang telah dikukus tadi. Untuk ukuran yang pas tinggi air santan paling tidak 2 cm diatas beras ya. Aduk aduk perlahan.
    Tunggu hingga air santan kering, lantas aduk aduk sekali dan angkat.
    Nah sekarang siapkan langseng bersih dan kukus beras aron. Gunakan api sedang. Masak hingga matang paling tidak 30 menit hingga 40 menit.
    Angkat dan siap ditambahkan dengan bahan bahan pelengkap lainnya.

Bahan sambal nasi uduk

    Kacang tanah : ± 100 gram.
    Bawang putih : 2 siung.
    Cabe rawit merah : 4 buah.
    Gula pasir : ± ½ sendok teh.
    Garam : ± ½ sendok teh.
    Jeruk nipis : 1 biji.

Cara membuat sambal nasi uduk

    Goreng kacang tanah dengan minyak sedikit. Jangan lupa aduk aduk hingga warna sedikit coklat.
    Ada baiknya gunakan bawang putih matang, bisa goreng bareng dengan minyak tanah biar praktis.
    Haluskan kacang tanah goreng, bawang putih, garam, cabe rawit, gula pasir, dan garam dengan di uleg hingga halus.
    Nah saat membuat sambalnya dapat di tambah dengan air jeruk nipis.

Nasi uduk biasanya menggunakan beberapa sayuran atau bahan bahan pelengkap, seperti : emping, mentimun, tahu / tempe goreng, irisan telur dadar, semur jengkol, ayam goreng dan lainnya. Mudah lho cara menyiapkannya. Sajikan nasi uduk dengan beberapa bahan sesuai selera bunda dan jangan lupa beri taburan bawang merah goreng biar tambah makjos.

Begitulah bunda dan nona cantik semuanya cara membuat dan menyajikan nasi uduk gurih sederhana. Ada baiknya juga belajar membuat masakan daerah sederhana lainnya seperti cara membuat nasi kuning yang gurih dan enak.
Agen Bola