Agen Bola

Cara Mancing Ikan Gabus di Rawa, Danau, Sawah Pada Malam Hari

Cara Mancing Ikan Gabus di Rawa, Danau, Sawah Pada Malam Hari


Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar predator yang habitat aslinya pada air tawar seperti danau, sungai, rawa-rawa, parit dan kanal. Ikan ini mempunyai beberapa sebutan di Berbagai daerah, seperti ikan kabos (Makasar) ,Ikan kutuk (Jawa tengah), dan lainsebagainya.

Di luar Indonesia, ikan jenis ini juga memiliki berbagai julukan. Seperti snakehead murrel, snakehead common, snakehead striped, dan juga snakehead chevron. Dalam dunia Biologis ikan gabus ini mempunyai nama ilmiah yaitu Chana striata (Blooch, 1793).

Ikan jenis ini mempunyai struktur tubuh dengan daya tahan yang cukup kuat untuk bertahan hidup. Hal ini bisa dlihat dengan kondisi ikan yang sanggup bertahan hidup dalam air berlumpur dan kandungan oksigen yang terbatas atau minim.

Itu disebabkan karena ikan ini mempunyai alat pernapasan yang biasa disebut labyrint. Walaupun habitat asli ikan ini adalah rawa-rawa. Tetapi, ikan ini juga banyak di danau, waduk dan sungai- sungai.

Keasyikan dari memancing ikan gabus yaitu terpacunya adrenalin anda ketika umapan anda disambar oleh ikan gabus ini. Tarikan ikan ini sangat kuat, jadi membutuhkan tenaga extra dan teknik memancing yang benar untuk bisa mengangkatnya ke daratan.

Ikan jenis ini adalah predator yang rakus apalagi ketika ikan gabus ini menyambar umpan.Ditempat atau spot yang cukup bagus dan berpotensi banyak ikan gabusnya dengan hanya melemparkan umpan anda di dekat lubang persembunyian ikan ini.

Maka, tidak butuh waktu lama agar umpan disambar. Bahkan tak jarang mata kail akan ikut termakan hingga ke dalam perut ikan gabus ini.

Para pemancing traditional pada zaman dulu ketika memancing alatnya hanya memggunakan alat yang sederhana. Seperti joran tegek yang dibuat hanya dari sebatang bambu, kemudian diikat dengan benang pancing atau kenur. Dulu juga hanya menggunakan umpan alami seperti katak.
Cara Mancing Ikan Gabus

Kesulitan dalam memancing ikan gabus yang pertama adalah dibutuhkan peralatan mancing yang kokoh. Perlawanan yang diberikan ikan ini cukup berat sehingga perlu pancing yang kokoh. Senarnya pun harus yang kuat.

Jangan sampai ketika strike, Anda malah kehilangan ikan gara-gara senarnya putus di tengah-tengah pertarungan.
Atau karena tongkat memancing terbuat dari kayu biasa, bukan tongkat memancing khusus, tongkatnya malah patah dan Anda pun tidak bisa melakukan kegiatan memancing lagi.

Dalam ekosistem rawa dan sawah (karena keduanya memiliki kondisi yang cukup mirip), perlu diketahui tidak hanya ikan gabus sang pemangsa utama dalam ekosistem tersebut.

Ada ular yang juga sering menangkap mangsa yang sama dengan ikan gabus, jadi, untuk melempar umpan saja, harus mengandalkan insting dan pengalaman. Jangan sampai, tempat yang Anda lemparkan umpan ternyata adalah sarang ular.

Selain pemilihan tempat melempar umpan, Anda harus tahu trik casting yang tepat. Casting adalah membuat umpan seolah-olah hidup dengan menggerak-gerakkannya perlahan.

Ikan gabus sama seperti ikan pada umumnya, menyukai makanan segar. Apalagi ikan pemangsa, pasti menyukai mangsa yang masih hidup karena faktor-faktor tersebut, Anda perlu menggoyangkan umpan yang telah dilempar perlahan. agar terkesan seperti masih hidup.
Cara Mancing Ikan Gabus di Danau

Untuk memancing ikan gabus di danau, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu. Diantaranya adalah joran yang tidak kaku, dan senar pancing yang tidak terlalu tebal. Karena ikan di danau tidak sebesar ikan yang ada di laut. Begitu juga dengan kail, tidak perlu menggunakan kail yang besar.

Sedangkan untuk cara memancing di danau, anda bisa menggunakan teknik casting yang bisa digunakan dimana saja dan lebih mudah. Caranya adalah dengan melemparkan umpan sejauh mungkin kemudian menarik kembali umpan tersebut, lakukan langkah tersebut hingga mendapat ikan.
Cara Memancing Ikan Gabus dengan Umpan Tiruan

1. Soft frog

Ialah jenis yang sangat cocok untuk memancing ikan gabus ini,kenapa demikian,karena soft frog dirancang husus dengan berbagai cara agar menyerupaik kodok aslinya dan ternya ta emang benar soft frog itu mirip ekali dengan kodok aslinya.

Adapun bahannya yang kebanyakan dari bahan karet atau sintetis inijadi siumpan itu genial agak mengembang yang menyesuaikan saja seperti kodok yang aslinya,dengan dipasngkan kail besar dibagian kodoknya itu.

Jadi itu termasuk salah satu jurus umpan tiruan yang harus anda coba untuk memancing ikan gabus hususnya,silahkan cari saja di took-toko pancing terdekat anda,untuk ukurannya menyesuaikan saja gima kebutuhannya.

2. Viva mazzy frog

Merupakan salah satu jenis umpan tiruan ikan gabus,viva mazzy ffrog juga sangatlah diandalkan untuk casting ikan gabus itu,karena viva mazzy frog juga sama bentuknya menyerupai kodok,namun untuk viva maxxy frog biasnya di ujung mulu umpannya itu akan dipasang kaya tali-tali gitu.

Dan untuk si kailnya biasnya hanya satu saja hanya didalam si umpan tiruan tersebut tyang gunanaya agar si ikan mudah tertangkap dan berhasil didapatkan.

Silahkan saja agan-agan cari umpan tiruan viva mazzy frog ini banyak sekali ko ditoko-toko pancing dan harganya juga terjangkau.

3. Mouse frog soft lure
Nah jenis ini juga merupakan salah satu andalan angler untuk mendapatkan atau memancing ikan gabus hususnya,karena bentuknya yang mirip tikus dengan ukruannya yang mungil dan mirip tikus aslinya,jadi sangat isarankanbagi agan-agan yang ingin memancing ikan gabus itu.

Karena ikan gabus itu tidak akan memilah milah apapun yang ada di atasnya ataupun apa saja yang melewat ke hadapannya dan menurut dia adalah mangsanya maka si ikan gabus akan memakannya apapaun itu jadi ikan gabus adlah ikan yang sangat rakus dan agresif sekali terhadp rangsangannya ataupun mangsanya,tikuslah saalah satunya.
Cara Memancing Ikan Gabus Malam Hari

Untuk memancing ikan gabus, perlu timing yang tepat. Tidak hanya itu, waktunya juga harus tepat. Anda harus tahu, ikan gabus berkeliaran pada waktu malam hari untuk mencari makan.

Jadi, di malam hari dan bagus lagi jika diterangi sinar bulan, Anda akan mendapat hasil pancing ikan gabus melimpah di rawa.
Umpan Mancing Ikan Gabus Liar
mancing ikan gabus

1. Katak, cara yang baik dalam menggunakan umpan jenis ini adalah katak dikaitkan pada mata kail dibagian ekor. Usahakan katak tersebut dalam kondisi hidup karena jika katak dalam kondisi yang segar maka akan dapat menarik perhatian ikan gabus sehingga ikan tersebut semakin ganas.

2. Cacing tanah selain gampang untuk dicari baik kita mencari sendiri atau membeli , cacing tanah juga cukup ampuh untuk menarik perhatian ikan predator jenis ikan gabus ini, karena Cacing tanah meniliki ciri khas yaitu bau amis yang sangat menyengat sehingga ikan gabus ini menjadi lebih tertarik.

3. Belalang juga bisa dipakai untuk memancing ikan gabus. Caranya, mata kail dikaitkan pada belalang mulai dari ekornya hingga badannya.

4. Selain umpan yang sudah ada di atas umpan ikan gabus dengan jangkrik juga dapat digunakan sebagai salah satu umpan jitu mancing ikan gabus. Cara memakainya sama persis dengan memasng umpan belalang.

5. Ikan kecil jenis wader, dalam menggunakan umpan ini sama ketika kita menggunakan umpan katak. Yang membedakan dalam memasng umpan yaitu dengan cara kaitkan pada bagian ekor ikan atau punggung ikan agar ikan masih dapat berenang seperti layaknya ikan liar. dan di usahakan ikan tidak cepat mati ketika kita jadikan umpan dalam memancing.

6. Ulat daun pisang ini juga ampuh dan bisa kita gunakan dalam memancing ikan gabus . ulat daun pisang memiliki daya tarik tersendiri untuk ikan gabus. caranya memasangnya pada kail pun sama dengan cara memasangnya pada belalang.
Sejarah Mancing Ikan Gabus Paling Terbesar di Dunia
mancing ikan gabus

Di Inggris, ikan ini dinamakan Snakehead karena bentuknya yang lonjong serta kepalanya yang mirip dengan batok kepala ular. Ikan ini sangat ditakuti pemancing di sana dan konon sempat membuat para angler takut mancing. Di Indonesia, ikan ini juga sering kali ditemui.

Walaupun bukan termasuk ikan yang ditakuti, tetap saja ikan gabus memberikan sensasi aneh ketika menangkapnya. Belum lagi anggapan masyarakat yang kerap menjuluki ikan ini jadi-jadian.

Ikan gabus banyak ditemui di sungai-sungai di seluruh Indonesia. Soal ukuran, ikan ini memang monster dengan kemampuan untuk tumbuh bisa mencapai 1 meter lebih.

Banyak yang pernah menangkap si predator ini, salah satunya warga Jakarta bernama Tursin yang berhasil menangkap ikan gabus berukuran 1 meter di Situ Cinere. Dikisahkannya jika menangkap ikan ini sangat tidak mudah. Butuh setidaknya, puluhan menit hingga akhirnya berhasil ditangkap hidup-hidup.
Arti Mimpi Memancing Ikan Gabus

Tahukah Anda? Bahwa arti dari mimpi memancing ikan gabus mungkin mempunyai makna yang baik atau bahkan buruk bagi kehidupan anda. Hal ini bisa berbeda jika terjadi pada keadaan dan waktu yang berbeda pula.

Selain itu ikan gabus adalah jenis ikan pemangsa, yang memiliki arti keburukan. Namun, ikan ini juga termasuk bersisik yang berarti bisa membawa keberuntungan.

Itulah informasi seputar mancing ikan gabus diberbagai medan, dan jenis umpan yang baik untuk memikat ikan ini. Semoga bermanfaat. Mancing Mania….
Agen Bola