Agen Bola

Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Mabung Dengan Cepat

Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Mabung Dengan Cepat

Kondisi macet mabung pada burung kicau biasanya di alami oleh burung pemakan serangga seperti burung kenari, murai dan lain sebagainya. Dan pada biasanya jika kondisi burung macet mabung akan sangat mempengaruhi penampilan burung tersebut pada saat di ikut sertakan dalam perlombaan. Dan sekarang ini kami akan mencoba untuk membahas cara mengatasi burung kenari yang macet mabung dengan cepat.

burung kenari macet mabung

Akan tetapi sebelum kami membahas lebih lengkap mengenai cara mengatasi burung kenari yang macet mabung, kami akan sedikit membahas pengertian macet mabung. Pada dasarnya macet mabung merupakan kondisi atau situasi dimana si burung sudah melalui tahapan awal molting atau terlepasnya beberapa helai buru akan tetapi dalam perjalanannya burung tersebut gagal dalam merontokan semua bulunya. Kondisi ini lah yang menyebabkan proses mabung secara sempurna terhambat.
adversitemens

Dan menurut beberapa kicau mania yang bercertia bahwa ada sebagian bulu yang sudah rontok lalu digantikan dengan bulu jarum yang lama kelamaan akan tumbuh menjadi bulu yang baru Namun ada burung kenari lainnya yang bulunya rontok namun tidak disertai dengan tumbuhnya bulu jarum yang akan membuat bagian tubuhnya terlihat botak. Dan jika di ibaratkan dengan manusia kondisi mabung pada burung kenari seperti orang yang sedang merasakan nggreges dan masuk angin. Karena hal kondisi seperti itulah jika burung kenari sedang mabung, burung tidak rajin berkicau.

Penderitaan burung kenari akan bertambah apabila burung mengalami macet mabung, sebab jika mengalami macet mabung burung akan membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu ambrolnya seluruh bulu pada bagian tubuhnya.Kemudian untuk penyebab burung kenari macet mabung ada banyak faktor, penjelasan lengkapnya ada dibawah ini.

Penyebab Burung Kenari Macet Mabung

Kebanyakan penyebab macet mabung dikarenakan oleh kualitas nutrisi atau gizi selama burung menjalani proses mabungnya. Dan menurut info yang kami terima, para peternak burung kenari saat burung kenari mabung mereka akan memberikan pakan yang berbeda dari perawatan biasanya. Hal ini supaya menghindari terjadinya macet mabung pada burung tersebut. Adapun pakan yang sangat di anjurkan untuk mencegah kenari macet mabung yaitu parutan telur rebus yang dicampur milet putih. Kemudian pakan pendukung lainnya yang bisa diberikan ke burung kenari yakni tepung ulat hongkong.

Itulah penyebab burung kenari macet mabung yang bisa anda ketahui, kami berharap dengan mengetahui penyebab burung kenari macet mabung anda bisa mencegah atau mengantisipasi burung kenari macet mabung. Dan untuk cara mengatasi burung kenari macet mabung, anda bisa melihat pembahasannya dibawah ini.
Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Mabung

    Berikan burung kenari 3-5 butir kroto yang berbentuk kapsul, pada dua hari sekali.
    Burung kenari di mandikan hingga basah kuyup, hal ini bertujuan untuk
    menetralisasi suhu pada tubuh burung.
    Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, pada biasanya dalam waktu beberapa hari ke depan burung kenari akan mulai turun bulu.
    Kasihkan suplemen khusus untuk melancarkan proses mabungnya, seperti BirdMolt–Pre
    Berikan makanan atau pakan yang kaya protein misalkan sayuran dan buah segar dan egg food.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mengatasi burung kenari macet mabung dengan cepat yang bisa anda praktekan pada burung kenari anda yang sedang macet mabung. Dan jika burung kenari anda termasuk burung yang selalu ikut dalam perlombaan, alangkah baiknya jika anda mengetahui permasalahan burung kicau pada saat lomba. Karena permasalahan burung saat lomba ini sering kali dikeluhkan oleh para kicau mania
Agen Bola