Agen Bola

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Kacang panjang ialah salah satu jenis sayuran dari kacang-kacangan dengan untaian yang lebih panjang. Bahkan saat sudah dipotong pendek-pendek pun namanya tetap kacang panjang. Sayur yang berwarna hijau muda hingga hijau tua ini bukan hanya sekedar enak untuk dijadikan olahan masakan. Tetapi juga bisa diperoleh manfaatnya bagi kesehatan tubuh, yang mana pada proses pendapatan khasiat tersebut bisa dengan mengonsumsinya sebagai sayur atau lauk saja.
Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Proses untuk mendapatkan manfaat dari kacang panjang ini tidaklah sulit, Anda bisa memilih dari cara pengolahannya. Dalam mengkonsumsi sayur ini, bisa Anda mulai dari memasaknya secara langsung ataupun dicampurkan dengan beberapa bahan lain. Dengan cara yang mudah dan sederhana tersebut Anda bisa mendapatkan khasiatnya. Seperti halnya pada delapan manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh berikut ini:

Menjaga dan meningkatkan stamina tubuh

Vitamin B yang ada pada kacang panjang ini berperan penting sebagai sumber energi bagi tubuh. Terlebih setelah melakukan berbagai aktifitas dan sumber energi berkurang, mengkonsumsi menu ini bisa mengembalikan stamina lagi. Vitamin B tersebut mampu meningkatkan serta menjaga stamina di dalam tubuh sehingga menjadikan kondisi yang fit.

Sebagai sumber protein

Protein ialah salah satu senyawa yang penting bagi tubuh dan di dalam kacang panjang ini memilikinya. Anda bisa mendapatkan asupan protein yang cukup hanya dengan mengonsumsinya sebagai satu atau lauk pauk yang enak.

Menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia akan ada perubahan kondisi dari tulang menjadi rapuh. Pada keadaan tulang yang terus berkurang ini menjadikan gerak tubuh tidak lagi maksimal seperti sebelumnya. Namun, hanya dengan kacang panjang ini akan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang tersebut. Karena kandungan magnesium dan kalsium pada kacang ini mampu mencukupi segala kebutuhan bagi tulang. Dengan begitu, tulang senantiasa sehat dan fit.
Advertisement

Menjaga kesehatan persendian

Di dalam tubuh setiap manusia terdapat persendian yang terus bekerja sesuai fungsinya. Namun, adakalanya kondisi sendi itu bisa menurun dan tidak sehat, pada keadaan inilah timbul beberapa rasa sakit yang tak nyaman. Masalah ini bisa diatasi oleh kacang panjang yang mengandung mangan, dimana unsur tersebut sangat baik bagi persendian. Memenuhi kebutuhan mangan di dalam tubuh sama dengan menjaga kesehatan persendian.

Mencegah resiko diabetes

Kandungan serat dalam jumlah yang tinggi pada kacang panjang ini sangat bagus untuk pencegahan dari kadar gula dalam darah yang terus meningkat. Dimana serat itu mampu mencegah adanya peningkatan kadar gula agar senantiasa dalam keadaan normal atau seimbang.

Sebagai zat antibodi

Kacang memiliki kandungan yang bernama tembaga, unsur satu ini berperan penting sebagai antibodi di dalam tubuh. Bahwasannya, tubuh memerlukan zat antibodi agar senantiasa tetap fit dan memperkuat sistem kerja pada tubuh.

Membantu proses pembentukan sel darah merah

Kandungan zinc yang ada pada kacang ini sangat baik dan dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Dimana proses tersebut bisa lebih lancar dan juga lebih terjaga dengan baik. Bahwasannya, pada sel darah merah ini memiliki peran baik bagi tubuh, agar fungsi tersebut senantiasa terjaga, diperlukan kandungan yang disebut dengan zinc. Unsur ini bisa dipenuhi dari kacang panjang.

Membantu proses pembentukan enzim

Zat besi yang dimiliki oleh kacang panjang ini memberikan peran sebagai pembantu dalam pembentukan enzim dengan reaksi kimia. Dimana enzim-enzim ini akan membutuhkan unsur lain agar fungsinya bisa lebih maksimal dalam menjaga tubuh untuk tetap memiliki sistem yang seimbang.
Manfaat Daun Kacang Panjang

Selain buahnya yang berupa kacang berbentuk panjang, daun kacang panjang atau sering disebut lembayung juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Terutama sebagai bahan ramuan untuk pengobatan tradisional. Daun tanaman ini bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi payudara yang bengkak sehabis melahirkan.

Caranya, ambil daun kacang panjang yang masih mudah secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Balurkan tumbukan daun kacang panjang tersebut pada sekitar payudara, kemudian lakukan pijatan secara lembut. Biarkan hingga kering dengan sendirinya, lalu bersihkan dengan air hangat.

Selain dijadikan obat, daun kacang panjang juga bisa dikonsumsi sebagai teman makan nasi. Bisa dengan cara ditumis atau direbus lalu diajdikan lalapan untuk coel sambal. Beberapa orang menjadikan daun ini sebagai salah satu bahan dalam pembuatan gado-gado.
Agen Bola