Agen Bola

Cara Ternak Sapi Potong Simple Praktis dan Menguntungkan

Cara Ternak Sapi Potong Simple Praktis dan Menguntungkan

Selama ini usaha sapi potong masih dilakukan sebagai usaha sambilan. Padahal usaha ini memiliki potensi yang sangat besar jika dilaksanakan dengan profesional. Usaha ini akan semakin berkembang mengingat permintaan daging yang semakin meningkat. Ternak sapi potong menjadi penghasilan yang menguntungkan. Jika anda melihat peluang ini tentunya anda bisa menjalankan bisnis ini. Untuk memulai bisnis ini anda membutuhkan cara ternak sapi potong yang baik.
Cara Ternak Sapi Potong Mudah Dan Menguntungkan

Panduan ternak sapi potong
Cara ternak sapi potong dimulai dengan memilih jenis sapi potong. Ada beberapa jenis api potong yang ada dipasaran. Yaitu sapi bali, jenis sapi ini memiliki warna merah pada kaki dari lutut ke bawah dan pantat punggung ada garis hitam, keunggulan sapi ini bisa beradaptasi dengan lingkungan. Selain sapi bali ada sapi ongale jenis sapi ini warnanya hitam di beberapa bagian dan bergelambir pada bagian punuk. Cara adaptasinya juga sangat baik. Selain itu ada sapi brahmana berwarna coklat hingga coklat tua. Pertumbuhannya sangat cepat sehingga menjadi primadona sapi potong. Ada pula sapi madura, sapi lomiusin yang warnanya hitam dan warna merah bara dan putih.

Tips ternak sapi potong untuk pemula
Cara ternak sapi potong yang paling pertama adalah memilih induk. Pilihlah induk dengan tubuh yang panjang, bulat dan lebar dan tinggi pundak kurang lebih 15 cm, lingkar dada 133 cm. Tubuh kurus dan tulang menonjol namun harus sehat. Pandangan mata cerah dan bulunya halus selain itu kotorannya juga harus normal. Setelah memilih induk yang baik selanjutnya adalah mempersiapkan kandang untuk sapi potong. Kandang yang digunakan biasanya ada dua jenis yaitu kandang untuk individu dan kandang untuk kelompok. Umumnya tipe kandangan yang di gunakan adalah 2,5 x 1,5 m. Kandang dengan ukuran ini akan memacu pertumbuhan sapi lebih pesat sehingga tidak ada kompetisi dalam mencari pakan. Selain itu kandangan dengan ukuran yang lebar juga memudahkan gerak sapi namun tidak membuat mereka stres sehingga produksi daging tidak berkurang.

Cara ternak sapi potong lainnya yang harus diperhatikan adalah pakan. Untuk masalah pakan ini harus diperhatikan. Sapi merupakan hewan ruminansia yang mengunyah. Oleh karena itu berikan pakan berupa sayuran hijau dan daun daun hijau. Tambahkan konsentrat dalam ampas tebu, ampas bekatul, kulit kedelai, kulit nanas dan ampas tahu. Berikan konstrat pada pakan sebelum diberikan ke sapi untuk menghalangi tumbuh mikroba.

Cara ternak sapi potong juga harus memperhatikan kondisi kesehatan. Sapi harus sehat agar daging yang di produksi juga sehat. Oleh karena itu diperlukan kandang untuk memisahkan sapi yang sakit. Sapi harus rajin diperiksa kesehatannya. Bersihkan selalu kandang sapi dan lingkungannya untuk menjaga kesehatan sapi. Vaksinasi perlu dilakukan untuk mencegah sapi terkena berbagai virus dan penyakit yang mematikan sapi. Segera karantina sapi jika ada yang sudah terlihat sakit. Tips paling penting untuk merawat sapi adalah dengan sering membersihkan kandang, lingkungan kandang dan sapinya.
Agen Bola